Sri Wahyuni

Home » Artikel » “Multi Peran Seorang Ibu Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)”

“Multi Peran Seorang Ibu Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)”

Kebijakan pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 melalui kebijakan Work From Home (WFH) bagi pegawai di perkantoran hingga sekolah-sekolah pun diliburkan, mengganti model pembelajarannya dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagi sebagian orang tua tentu hal ini menjadi suatu pengalaman yang baru. Biasanya pengajaran anaknya diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Ibu guru di sekolah maupun di bimbingan-bimbingan belajar, kini orangtua terutama ibu harus merangkap menjadi guru di rumah selain peran yang selama ini sudah di embannya. Tentu bukan hal yang mudah untuk dilakoni, secara selama ini sudah tidak bersinggungan dengan pelajaran sekolah lagi. apalagi untuk orang tua yang anaknya telah duduk di bangku sekolah lanjutan, sudah tidak mengenal lagi pelajaran putra putrinya.

Dibutuhkan ekstra talenta dari seorang ibu dalam menghadapi kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dihadapi oleh putra putinya sebagai tindak lanjut kebijakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia. Disamping harus mengurusi semua kebutuhan domestik keluarganya, seorang ibu juga dituntut untuk update informasi tentang tugas2 putra putrinya dan memastikan tugas tersebut diselesaikan dan dikirimkan tepat waktu. Dengan 10 mata pelajaran dari setiap guru yang memberikan tugas sangat beragam, mulai dai hanya sekedar merangkum materi, melukis mewarnai, mengerjakan soal, mengisi soal online lewat aplikasi, membuat video, merekam suara, memainkan alat musik, merekam tarian dan lain-lain. Sungguh merupakan tugas yang luar biasa berat dan baru disadari beratnya tugas seorang guru manakala menghadapi murid-muridnya. Belum lagi jika ibu tersebut tidak hanya memiliki seorang anak, tentulah seambreg tugas menanti.

Belum lagi selama anak stay di rumah saja, otomatis kebutuhan akan makanan menjadi meningkat, sehingga ibupun harus putar otak bagaimana kreatifitasnya mengolah bahan pangan dan mengelola keuangan keluarga.

Wahai Guru, Jangan Pindahkan Semua Tugas Mengajar pada Kami Para ...

 

Ibu Memainkan Banyak Peran Dalam Keluarga. Diantaranya 12 Peran ...

Semoga badai pandemi covid 19 segera berlalu sehingga para ibu tidak lagi setres menghadapi hari-harinya di rumah.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: